Kepemimpinan Kepala Madrasah Dalam Mengelola Kurikulum

  • Ahmad Kusyairi STIT Jembrana Bali

Abstract

MTs Nurul Kholis merupakan merupakan lembaga pendidikan
berbasis Agama tulen yang langsung dikelola oleh Pondok
Pesantren Nurul Kholis Pebuahan Banyubiru Jembrana Bali,
merupakan salah satu lembaga yang terinisiatif dan berjuang
untuk mendidik siswanya dengan pola kurikulum pesantren.
Untuk mengungkap upaya pengololaan kurikulum, maka fokus
penelitian ini dirumuskam pada: (1) upaya kepala madrasah dalam
pengelola kurikulum, (2) apa saja yang menjadi pendukungnya, (3)
apa yang menjadi penghambatnya, (4) langkah apa yang dilakukan
untuk memperoleh dukungan dan mengatasi hambatan, (5)
gambaran pencapaian. Penelitian ini menggunakan pendekatan
kualitatif dengan rancangan studi kasus. Pengumpulan datanya
menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi.
Dari analisis data ditemukan bahwa pengelolaan kurikulum di
MTs ini, yaitu; (1) jumlah siswa yang lebih dari cukup sebagai
objek penerapan kurikulum, (2) kurikulum yang diterapkan hanya
kurikulum pesantren, kecuali yang konsentrasi kurikulum
nasional, (3) satu pemimpin memimpin tiga lembaga, (4) dalam
menentukan kurikulum melakukan urun rembuk dengan
pengurus pesantren bidang pendidikan, (5) guru diangkat sesuai
Kata kunci: Kepemimpinan Kepala Madrasah, Mengelola
Kurikulum.

Published
2023-04-28
Section
Articles